Selasa, 24 November 2009

SUKSES MENGHADAPI UAN SMA

Ujian Nasional semakin dekat, bagaimana persiapan kalian dalam menghadapi ujian Besuk ! tentunya kalian perlu persiapan khusus bukan ! berikut ini adalah beberapa tips dalam mempersiapakan ujian Nasional yang akan kalian tempuh.

1. PERSIAPAN MENTAL

Kesiapan dalam pemahaman materi pelajaran perlu didukung oleh ketenangan hati dan pikiran. Dengan hati yang tenang dan pikiran yang jernih, maka Ujian Nasional akan dilalui dengan riang gembira dan bersemangat. Untuk itu apabila memiliki masalah segeralah selesaikan dengan baik. Disamping itu jangan banyak pikiran yang bukan – bukan. Misalnya merasa kawatir tidak luilus ujian, bingung, cemas, dll. Jadi pastikan kamu memang sudah siap apa yang perlu kamu tahu terutama segala sesuatu mengenai UAN, baik itu yang berkaitan dengan materi soal maupun teknis pelaksanaannya. Satu hal yang penting adalah membangun sikap mental yang sehat, hindari cara – cara yang bodoh seperti mencari bocoran, membeli soal, atau mencontek saat ujian.

2. PERSIAPAN DIRI
Agar kamu siap menghadapi UAN, penting juga untuk menjaga kesehatan tubuh, karena merupakan modal utama untuk melakukan aktifitas, termasuk belajar. Untuk itu kalian hendaknya selalu menjaga kesehatan, sehingga pada saat ujian Nasional dalam kondisi Fit, tegar, dan sehat. Selain itu berlatihlah konsentrasi, temukan cara yang tepat buat kamu untuk mengembangkan konsentrasi. Kembangkan cara berfikir agar menjadi yang terbaik.

3. PERSIAPAN MATERI
Sekolah sudah berupaya untuk menambah jam pelajaran khusus UAN dan melakukan latihan ujian / Try Out beberapa kali, latihan ini sebenarnya bermanfaat bagi kamu dalam mempersiapkan diri. Memang sangat melelahkan sehingga mungkin saja ada yang merasa jenuh dengan kesibukan latihan tersebut. Tetapi yang penting kalian harus menguasai materi pelajaran yang diujikan. Pandai – pandailah memilih soal. Pada saat menghadapi soal, yang penting dilakukan adalah memperhatikan dengan cermat dan seksama, sehingga soal dapat dipahami dengan baik. Pilih lebih dulu mana saja soal yang dianggap mudah dan pasti dapat dikerjakan dengan baik dan benar. Hati – hati dalam menulis nama, kelas, nomor ujian, mata pelajaran dll pada lembar jawab komputer. Kesalahan sekecil apapun bisa berakibat fatal, jangan sampai kamu kekurangan alat tulis yang diperlukan, ingatlah untuk memeriksa kembali jawaban setalah selesai mengerjakan.

4. MEMPERBANYAK DOA
Manusia hanya merencanakan, Tuhanlah yang menentukan hasilnya. Manusia tidak berdaya tanpa pertolongnNya. Oleh karena itu rajinlah Berdoa dan memohon kepada Tuhan agar Ujian Nasional dapat berjalan dengan lancar dan mencapai hasil yang memuaskan. Mohon kemampuan atau kekuatan untuk melakukan tindakan yang terbaik dan serahkan hasilnya dengan percaya kepadaNya.

Akhir dari semua persiapan ini adalah saat pelaksanaan UAN itu sendiri. Apapun hasilnya ingatlah kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik dan berusaha yang terbaik. Bagaimanapun hasilnya nanti, bersyukurlah dan teruslah berusaha, Okey…selamat berjuang ! Tuhan memberkati.
Admin Bk 2009 / dikutip dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar